USAID CCBO gandeng YLM bina bank sampah di Kota Makassar

Makassar – Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau Usaid CCBO (Clean Cities, Blue Ocean) menggandeng Yayasan Lestari Mulia (YLM) dalam melakukan pembinaan bank sampah di Kota Makassar, Sulsel.

Direktur YLM atau Yasalam Jaya Musa di Makassar, Senin (8/8) mengatakan, sinergi bersama Usaid CCBO bukan hanya bertumpu pada efektivitas keberadaan bank sampah di berbagai lorong Kota Makassar, namun juga untuk mengetahui serta mengajak masyarakat mengelola sampah secara benar.

“Kita akan jalankan program ini selama dua tahun, dimulai dari riset hingga intervensi guna meningkatkan kualitas pengelolaan sampah di masyarakat yang didukung oleh hadirnya bank sampah di hampir semua wilayah mereka,” ujarnya.

Menurut Jaya Musa, YLM telah melalui beberapa proses hingga dipilih menjadi pelaksana teknis kegiatan pengelolaan sampah oleh Usaid CCBO.

“Sehingga kami sendiri akan berusaha mengoptimalkan potensi lembaga kami dalam membina masyarakat untuk bijak mengelola sampah rumah tangga,” kata dia.

Saat ini, program persampahan yang dilakukan YLM sedang berada pada tahap riset guna mengetahui tingkat pengelolaan sampah pada rumah tangga sebelum dilakukan intervensi.

Selain YLM, program ini juga melibatkan Waste 4 Change di Bekasi guna memaksimalkan pembinaan pengelolaan bank sampah hingga TPS3R.

Menariknya, kata Jaya, ialah perspektif gender menjadi hal penting pada setiap kegiatan, khususnya pada program persampahan. Sebab dinilai kerap kali tidak terlihat keseimbangan porsi pekerja dari kalangan perempuan dan laki-laki. Termasuk dalam jenis pekerjaannya.

“Kami bersama tim bahkan telah dibekali dengan pelatihan selama tiga hari oleh pihak Usaid dengan pemateri didatangkan langsung dari Philipina dan membahas soal gender,” ujar Jaya.

Sebelumnya, pihak Usaid CCBO telah melakukan pertemuan dengan Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan memperoleh apresiasi atas dukungan yang diberikan dalam pengelolaan sampah di Makassar. (Ant)