UPT Mamminasata secara masif sosialisasikan penerapan tarif Bus Mamminasata

Makassar – UPT Mamminasata Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan secara masif mensosialisasikan penerapan tarif Teman Bus kepada pengguna layanan, karena penerapan tarif akan mulai diberlakukan pada 31 Oktober 2022.

“Kita akan terus sosialisasi ke sekolah-sekolah, karena bakal lebih mudah mengumpulkan massa,” ujar Kepala UPT Mamminasata, Andi Nur Diyana di Makassar, Senin.

Ia mengatakan terdapat sekitar enam sampai tujuh sekolah yang dilalui rute Teman Bus yang yang menjadi sasaran sosialisasi.

“Apalagi anak sekolah merupakan salah satu pengguna Teman Bus, disamping memang hingga kini masih lebih banyak dari masyarakat biasa, khususnya koridor di Galesong,” tambah Nur Diyana.

Sementara itu, untuk masyarakat umum UPT Mamminasata akan melakukan sosialisasi melalui media sosial.

Terkait teknis pembayarannya, kata dia, masyarakat tetap harus memiliki kartu terlebih dahulu.

Terkait kartu tap cash itu, masyarakat bisa mendapatkannya di toko-toko, swalayan atau minimarket karena pihak Dishub Sulsel tidak menjual kartu. Apalagi pembayaran itu langsung masuk ke kas pusat, bukan ke APBD Pemprov Sulsel

Saat ini, alat tap cash atau pembayaran non tunai berbasis kartu di transportasi publik Teman Bus siap dipasang. Alat itu akan dipasang 27 Oktober nanti.

“Alat itu dipasang di masing-masing Teman Bus, sehingga totalnya sama dengan jumlah bus yaitu 87 alat. Dipasang dekat pintu bus, jadi sebelum naik penumpang akan tap cash dulu,” jelasnya.

Dengan menggunakan akses non tunai ini, kata Diyana, deposit user secara langsung akan terpotong ketika menggunakan tap cash itu.

“Kita akan kolaborasi antara surveyor Indonesia dan BPTD. Ada tiga pihak yang saling terkait dalam perencanaan tarif berbayar ini,” ucapnya.

Diketahui, tarif Teman Bus yang ditetapkan sebesar Rp4.600 per koridor. Teman Bus melayani Koridor I Panakkukang Square – Galesong.

Koridor II yaitu Mal Panakkukang-Bandara Sultan Hasanuddin. Koridor III yaitu Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP dan Koridor IV Panakkukang Square -Kampus UIN Samata-Kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa.

Penerapan tarif ini akan dilakukan bersamaan dengan 10 kota penerima subsidi BTS. Selain itu, akan dilakukan penambahan rute 15 km untuk menjangkau RSUD Sayang Rakyat. (Ant)