Pemkab Sinjai siapkan pelayanan izin usaha pada Gebyar UMKM

Makassar – Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menyiapkan pelayanan konsultasi dan izin usaha pada kegiatan Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H. Ramlan Hamid dikonfirmasi, Kamis, mengatakan, Gebyar UMKM yang dilaksanakannya untuk membantu pemulihan ekonomi dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang peluang-peluang dalam pemasaran baik secara digital maupun langsung.

“Pada Gebyar UMKM ini ada banyak kegiatan, bukan cuma konsultasi dan pelayanan izin usaha, tetapi banyak hal. Ada pelatihan juga edukasinya,” ujarnya.

Ramlan Hamid mengatakan pada Gebyar UMKM juga dilaksanakan klinik UMKM yang menghadirkan sejumlah pelayanan dan sebagai sumber informasi bagi pelaku usaha maupun pengunjung.

Dia menerangkan Gebyar UMKM yang berlangsung di Lapangan Sinjai Bersatu tidak hanya memberi peluang bagi pelaku usaha dalam memasarkan, tetapi memperkenalkan produk lokal.

“Panitia juga menyiapkan tempat khusus layanan Klinik UMKM yang merupakan layanan konsultasi bagi para pelaku usaha dan koperasi,” katanya.

Ramlan Hamid menambahkan beberapa layanan yang diberikan diantaranya penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB), konsultasi halal, konsultasi P-IRT dan kemasan produk, layanan perkoperasian, pendaftaran e-katalog dan layanan lainnya.

“Jadi kita siap fasilitasi para pelaku usaha dan koperasi yang ingin berkonsultasi terkait masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Yang mau urus NIB kita siapkan termasuk jika ingin didaftarkan produknya dalam e-katalog lokal,” terangnya.

Tidak hanya itu di lokasi ini juga disiapkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dan vaksinasi COVID-19 bagi warga yang berkunjung di lokasi Gebyar UMKM.

Salah satu pelaku UMKM, Nurul mengatakan bahwa klinik UMKM sangat membantu bagi para pelaku usaha dan pemilik koperasi dalam berkonsultasi terkait izin dan legalitas usaha.

Ia mengaku sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Diskop UKM dan Tenaga Kerja Sinjai dalam membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait syarat kelengkapan berusaha, serta kendala dan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha.

“Kita sangat apresiasi kegiatan seperti ini, selain bisa memasarkan produk kami, kita juga bisa berkonsultasi terkait masalah-masalah yang kita hadapi. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan,” ucapnya. (Ant)