Gubernur Sulsel bersama investor asing jajaki kerja sama energi terbarukan

Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersama sejumlah investor asing tengah melakukan penjajakan potensi kerjasama pengembangan energi terbarukan di daerah itu.

Sejumlah investor asing itu yakni President Komisaris PT Awina Sinergi Internasional, Nakamura Hirohide dan President Director Former Consul-General of Japan in Surabaya, Tani Masaki serta perwakilan dari Perusahaan Royal Quality Group Lic Amazon.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan kedatangan investor itu untuk pembangunan berkelanjutan khusus pembangunan rendah karbon seperti panel surya atau solar cell, PLTB (tenaga angin/bayu), PLTA (air) dan Pembangkit listrik tenaga biomassa sampah (PLTSa).

Gubernur mengaku mendukung rencana dan ide-ide dari perusahaan luar negeri itu. Dirinya pun mengapresiasi atas kepedulian terhadap energi hijau dan UMKM di Sulsel.

“Saya sangat senang dengan ide mereka dan tentunya kita akan memberikan dukungan penuh,” ujarnya.

Sementara itu, Nakamura Hirohide mengatakan, pihaknya akan mendatangkan tim dari Jepang untuk membuat proyek percontohan di Makassar. Proyek itu akan menggandeng Bank Indonesia (BI).

“Tim kami akan berdiskusi dengan pihak BI untuk mewujudkan netralitas karbon dan mendukung UMKM di Sulsel,” jelasnya.

PT Awina Sinergi Internasional juga telah melakukan pembinaan melalui usaha briket arang untuk diekspor keluar negeri.

Sementara itu, President Director Former Consul-General of Japan in Surabaya, Tani Masaki juga membahas rencana pengembangan usaha rintisan atau start up bersama Universitas Hasanuddin.

“Untuk saat ini, kami akan melakukan MoU untuk menjalankan proyek start up dan UMKM, tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulsel. Kami ingin membantu UMKM di sini,” jelas Tani Masaki. (Ant)