Dinas Koperasi UKM Sulsel: Transaksi di Gebyar UMKM Sinjai capai Rp137 juta

Makassar – Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, mencatat total transaksi dalam ajang Gebyar UMKM Sinjai yang digelar sebagai wadah promosi produk IKM setempat pada 26 November-2 Desember 2022, mencapai Rp137 juta.

“Tercatat jumlah transaksi UMKM selama sepekan sebesar Rp137,8 juta. Jumlah ini akumulasi dari semua jenis transaksi yang dilakukan atau diterima oleh 334 pelaku usaha yang ikut serta dalam Gebyar UMKM ini, ” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H Ramlan Hamid dalam keterangan yang diterima di Makassar, Sulsel, Sabtu.

Ramlan mengatakan, pelaksanaan ajang Gebyar UMKM tersebut sangat membantu para pelaku UMKM yang dalam dua tahun terakhir terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, di tengah tantangan era disrupsi dan pandemi COVID-19 saat ini, ia meminta pelaku UMKM untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan bertransformasi agar dapat melanjutkan kegiatan usahanya.

“Kita akan terus mendorong UMKM Sinjai bangkit sehingga mampu menciptakan lapangan kerja serta mendorong pertumbuhan ekonomi Daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Ramlan.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar merespons luar biasa terkait dengan jumlah transaksi yang dihasilkan selama pelaksanaan Gebyar UMKM.

Untuk itu, ujar dia, pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kreativitas UMKM demi kemajuan ekonomi di Kabupaten Sinjai.

“UMKM merupakan salah satu pilar utama memajukan perekonomian masyarakat Sinjai. Untuk itu, kita terus berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi dan mendukung pertumbuhan UMKM di Sinjai,” kata Ilham.

Dalam ajang Genyar UMKM juga tersebut diberikan hadiah kepada pelaku UMKM yang melakukan transaksi terbanyak baik secara tunai maupun secara nontunai (digital). (Ant)